Langsung ke konten utama

Melawan Rasa Takut dan Malas Untuk Menulis



Asmono Wikan sedang membagikan ilmunya
Banyak diantara kita yang untuk mulai menulis saja sudah malas dan takut bahkan tidak tahu harus dimulai dari mana untuk memulainya. Seperti yang penulis alami, terkadang sebelum menulis, penulis sudah berhenti dan banyak berpikir untuk mulai menulis dari mana. Bahkan sebelum tulisan itu dibuat pikiran mengenai apa isi tulisan dan apakah tulisannya nanti akan bagus atau tidak sudah terpikirkan sejak awal saat membuka laptop dengan niatan untuk menulis.

Padahal, menulis sebenarnya adalah hal yang menyenangkan. Apalagi jika tulisan tersebut dapat dibaca dan disukai oleh khalayak banyak. Sebab tulisan tersebut kita bagikan atau ekspos di media sosial yang kita miliki, seperti blogspot, wordpress, atau mungkin facebook.

Untuk mengatasi hal tersebut, khususnya bagi petugas humas kesehatan yang ada di bawah Kementerian Kesehatan, maka diadakanlah pelatihan menulis dengan tema “Menulis Siapa Takut!” yang diadakan oleh Biro Komunikasi Kementerian Kesehatan. Pelatihan tersebut diikuti oleh para Humas yang ada pada Kementerian Kesehatan, seperti humas dari Rumah Sakit, Badan, dan organisasi lain yang ada di bawah Kementerian Kesehatan. Acara diadakan di Hotel Royal, Bogor di jalan Paledang. Diadakan pada Jumat hingga Minggu, 4-6 Agustus 2017.

Kang Arul (blogger, dosen komunikasi, buzzer, dosengalau.com ) sedang membagikan tip dan trik membuat video yang singkat padat untuk media sosial

Dalam acara tersebut diisi oleh nara sumber yang kompeten dan ahli di bidang media dan penulisan, seperti Asmono Wikan seorang professional di bidang media dan jurnalistik yang saat ini menjabat sebagai Direktur Eksekutif Serikat Perusahaan Pers Indonesia). Ada juga blogger yang juga dosen di bidang komunikasi seperti Kang Arul, seorang pengajar di Kompas Gramedia Grup Anwari Natari juga ikut menjadi nara sumber untuk membongkar kebuntuan saat ingin menulis. Agar makin bermanfaat dan mengena dari apa yang diajarkan oleh para nara sumber, maka peserta pelatihan juga diminta untuk mempraktekkan langsung apa yang sudah diajarkan oleh para narasumber.

Contoh Mind Mapping yang penulis buat
Peserta diminta untuk membuat mind mapping mengenai tema apa yang akan dijadikan tulisan, yang akan dipublikasikan di media online pribadi maupun media online yang sudah ada milik Kementerian Kesehatan. Bahkan ada juga yang akan dipublikasikan di media online milik media massa besar seperti Kompasiana.

Dalam pelatihan ini peserta sangat antusias untuk mengikutinya, karena sebagian besar merasa bahwa menulis itu menyenangkan, tapi sebagian besar juga merasa bahwa untuk mulai menulis itu menakutkan, dan sering kali kalah oleh rasa malasnya yang muncul dari ketakutan tersebut. Dimana ketakutan tersebut sering sudah muncul terlebih dahulu sebelum jari-jari kita menari lincah di atas tombol papan ketik laptop atau komputer masing-masing.

Mudah-mudahan setelah mengikuti pelatihan ini peserta tidak akan takut dan malas lagi untuk mulai menulis, dan mau untuk menulis semua yang dirasakan dan dialami dalam hidupnya sehari-hari. Sehingga bisa dibagikan pada khalayak ramai dan siapa tahu tulisan tersebut bisa menjadi manfaat dan ilmu yang terus mengalir yang menciptakan kekuatan untuk kebaikan-kebaikan lainnya. Seperti kutipan yang penulis pernah dengar (entah siapa pengarangnya) “Knowledge Only Powerful When Shared.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

(GoVlog-Umum) BaBu Tua

Kejadian ini ga tau mau dinamakan kejadian apa, apakah kejadian apes, kejadian pelebur dosa, atokah kejadian penebus utang?? Pokoknya serem deh waktu ngalaminnya, tapi karena ini adalah blog konyol dan karena hidupku sudah terlalu suram tanpa ada kejadian ini, maka aku ambil hikmahnya aja bahwa kejadian ini ada lucunya juga lohhh! (fyuh… mau ketawa di atas penderitaan sendiri ah, kasihan gue kaya Prita Mulyani, apaan coba….)

Kejadian penuh rasa cinta, action, dan ketampanan pemerannya itu terjadi tidak lama dari penulisan cerita ini, tepatnya hari sabtu 30 Juli 2011 (lengkap ya bo…) kemarin. Dua hari sebelum puasa. Waktu itu di hari sabtu yang cerah ceria di hari libur itu, aku terbangun dari suatu tempat peristirahatan (istilahnya kaya kuburan bukan??? Peristirahatan terakhir = kuburan! Sial… merinding disko) yang sangat indah, dengan selimut tebal, hangat,dan halus. Kasur yang empuk nyaman tebal terbuat dari bulu angsa. Katanya sih gitu kasur ato bantal terbaik adalah yang terbuat d…

Kasihan Mah...

Ini cerita masih tentang ikan mas koki nih. Kejadiannya udah lama udah lupa kapan tapi kayanya waktu aku masih muda, waktu masih kuliah, waktu masih amit-amit (bagooss… tuh cicak ngetawain gue!). Ini cerita tentang sepupuku, anak dari tanteku, tanteku itu adek dari bapakku, nah bapakku adek dari siapa dong?? Mulai ngelantur… maklum ngetik pas lagi sahur merem melek antara makan, minum, ngetik, dan ntar kayanya bakal terjadi makan sahur pake laptop, ngetik di atas nasbung alias nasi bungkus, ngantuukk… abesss…

Sepupuku ini adalah 3 bersaudara berwujud makhluk kecil persis banget kaya ponakan Donal Bebek trio Kwak Kwik Kwek yang nakal abis, iseng, suka berantem sendiri, usil, ntar kalo udah puas berantem nangis deh bareng-bareng mereka bertiga sambil teriak-teriak dan itu semua barang-barang di sekitar mereka tiba-tiba jadi piring terbang dan aku duduk dengan manis sambil foto-fotoin itu piring terbang siapa tau bisa ku-upload di internet dan bisa dapat nobel tentang UFO (ada ga sih Nob…

Engkaulah Wanita (mulutnya dua ya??)

Ini adalah kisah keajaibanku soal  wanita, cewek, perempuan, atau kaum hawa, or whatever  you named it. Ini juga sekaligus kisah kekaguman dan rasa kagumku pada kalian kaum wanita, kaum hawa (kaum pelanggar dosa (karena termakan bujukan setan) pertama kalinya di surga karena telah merayu Adam untuk memakan buah khuldi di surga dan akhirnya mengusir Adam dan Hawa dari surga ke dunia fana ini, halah… maaf ya cewek-cewek ini bukan menyudutkan kalian ya, tapi emang bener kan faktanya tentang kisah Adam dan Hawa) hehehe….
Kata orang wanita adalah manusia yang memiliki dua mulut. Iya katanya sih gitu mereka memiliki dua mulut. Entahlah dari mana pernyataan ini berasal dan kalo emang bener mereka punya dua mulut, lalu di mana mulut yang satunya lagi?? Hihihi….
Setelah aku tanya sana-sini, tentang kenapa cewek disebut punya dua mulut adalah karena dilihat dari kadar kecepatan dan banyaknya cerita atau kata yang dapat dikeluarkan oleh cewek saat mereka berbicara atau ngobrol atau apalagi pas lag…