Langsung ke konten utama

Balada THR, Twitter, dan Lontong Raksasa

Wow… akhirnya keluar juga keputusan dari pemerintah tentang kapan lebaran akan dilaksanakan. Ternyata tema lebaran tahun ini adalah THR alias Ternyata Hari Rabu, beuh… singkatan ini udah beredar luas di mana-mana mulai dari FB sampe Twitter.

Bahkan di twitter beredar luas Timeline dengan isi “Dijual cepat tanpa perantara: Opor ayam, Sambal goreng ati, dan Kari Sapi. Harga Nego! (dari pada Basi).” Kasian banget ya dia pasti udah frustasi tuh, entahlah yang pertama kali bikin timeline ini siapa, tapi ini udah jadi bahan banyolan di twitter semaleman suntuk.

Dan ada lagi guyonan di twitter yang berbunyi “Dengan segala kerendahan hati, dr lubuk yg paling dalam, saya mengucapkan...selamat menjalankan sahur kembali :)” ini aku dapetin dari retweetnya @sudjiwotedjo yang diambil dari tweetnya @Agus_Mulyadi.

Ada lagi yang berbunyi “Breakin news: Kata setan: " Ɣªª'elah.....diiket lagi dong gw......:'(......:'(ua:'(ua˚°º...:'(˚°º baru juga pake sepatu.....” ini aku dapetin dari timeline-nya @addiems.

Dan masih banyak kegalauan lainnya yang beredar di twitter, pokoknya kalo semalam kamu mengikuti twitter sampe sahur kamu akan merasakan bahwa gara-gara THR ini dunia pertwitteran pun jadi chaos, karena semua pada galau soal lebaran ini. Twitter aja galau apalagi ibu-ibu yang udah masak banyak seperti Ibuku. Beuh…

Pokoknya lebaran tahun ini adalah lebaran yang paling aneh , unik, dan bikin gelo (bahasa Jawa) yang artinya paling bikin miris. Ibu-ibu di seluruh Indonesia bisa dipastikan marah besar karena mereka sudah dipastikan sibuk dan sangat kecapekan setelah masak banyak ketupat, lontong, dan lauk pauk rendang, opor, dan sambal goreng ati kentang. Mereka sudah masak seharian penuh di hari senin untuk menyambut lebaran di hari selasa. Eh lah dalah… (ini ungkapan bahasa jawa juga ya, maaf yang lagi kena roaming bahasa hehe…) ternyata malam tadi setelah semua jutaan mata melihat ke TVone (ini di rumahku kalo rumah kalian TV apa? Penting ga nanya ini? Haha…) pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Agamanya Bapak Suryadharma Ali (orang PPP alias orang NU jadi aku yakin sebelum sidang pun, lebaran pasti hari rabu karena emang NU jauh-jauh hari sudah memutuskan hal ini) mengumumkan bahwa tema lebaran tahun ini adalah THR Ternyata Hari Rabu…

Dan seketika itu pula terdengarlah teriakan-teriakan dari suara ibu-ibu di rumahku. Pertama Ibuku “Ya Allah gimana nasib Grombyangku (ini makanan khas Pemalang, semacam soto daging tapi tak bersantan)” dan selanjutnya Ibuku teriak lagi “Angga… kamu punya tugas baru, habisin itu semua lontong-lontong yang udah jadi…!!” ibuku teriak kenceng banget yang aku yakin kalo kamu belum kenal dengan ibuku saat beliau teriak, kamu kira terompet sangkakala telah berbunyi! Beuh… kenceng abis suaranya.

Iyak bener aku suruh ngabisisn itu semua lontong yang udah jadi, mending kalo lontongnya kecil. Ini mah sudah jadi kebiasaan di keluargaku kalo lebaran ga pernah pake ketupat dan selalu bikin lontong, tapi ukuran lontongnya Masya Allah… aku yakin kalo mpok Ati liat ukuran lontongnya dia pasti minta kawin lagi! Upstt… beneran lontongnya segede ukuran lengan anak umur 8 tahun (eh anak 8 tahun segimana ya gedenya??). Aku nangis darah suruh habisin lontong itu karena program dietku selama puasa akan GaTot alias Gagal Total. Tapi emang dasarnya aku juga ga niat diet ding hehehe…

Setelah ibuku teriak, giliran bulikku (tanteku) teriak… “Ya Allah gusti terus oporku gimana nasibnya??” dia juga ga kalah kenceng suaranya sama suara ibuku. Dan ditimpali dengan teriakan-teriakan sodara-sodaraku yang lain. Pokoknya di rumahku kalo udah kumpul orang-orangnya bisa dipastikan kamu yang belum kenal keluargaku pasti dikira ada pabrik di dalam rumah, karena suara obrolan mereka gaduh abbess….! Dan semalam aku yakin acara nonton bareng sidang Istbat di rumahku adalah acara nonton bareng terheboh di Pemalang, ngalah-ngalahin suara suporter bola Timnas Indonesia di Gelora Bung Karno.

Selain dapat tugas ngabisin lontong yang sebanyak itu, eh malamnya pas sahur yang dinyatakan sebagai sahur terakhir untuk Ramadhan tahun ini. Aku menemukan kejutan lagi bahwa sahur ini adalah sebagai “sahur massal dengan ketupat dan opor di seluruh Indonesia” tapi khusus bagi keluargaku malam sahur tadi adalah “sahur massal dengan lontong raksasa dan grombyang” duileh… mabok lontong gue… orang mah mabok duit, ato mabok janda, ini mah mabok lontong… tapi Alhamdulillah yah (ala Syahrini ya bacanya dan jangan lupa sambil kibasin rambut dan kibar-kibarin kain kaftannya yang isinya berlian itu) aku bisa menikmati makan enak dan dalam jumlah banyak buatan Ibuku, yang jago masak (mom’s cook is always be the best). Disyukuri aja yah (masih dengan ala Syahrini, kibasin rambut jangan lupa). Kalo gitu ya udah yah aku mau lanjut tidur lagi yah, aku sudah capek yah habis show ke mana-mana. Ya udah yah dadah bye… bye… dan Syahrini-pun pergi tidur. Hloh ini cerita tentang Syahrini ya? Ya sudahlah selamat lebaran 1 Syawal 1432H semuanya, Taqabalallahu Minna Wa Minkum, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Dan semoga dengan adanya perbedaan di negeri tercinta ini akan menjadi rahmat dan berkah karena dalam Islam perbedaan dipandang sebagai suatu rahmat dan keindahan.

Pemalang, 30 Agustus 2011, (lagi nyiapin perut untuk makan lontong raksasa lagi di buka puasa terakhir hari ini… hiks..hiks..)


ini dia lontong raksasa itu

Komentar

  1. ayo sodara-sodara sebelum kekenyangan makan ketupat dan sebelum sholat Ied besok, mari kita rame-rame nyemplung ke kolam koki biar afdol lebarannya hehehe... :)

    BalasHapus
  2. hahahaha....emang kacau balau lebaran tahun ini...(geleng-geleng.com)....pastilah setelah lebaran angga mutlak menjadi Pejantan Tambun....whehehehe...congrats...^_^

    BalasHapus
  3. hahaha... thx little shining dust utk komennya.
    Pejantan Tambun itu lagunga Sheila On Seven kan??
    hehehe...

    BalasHapus
  4. THR, ternyata hari rabu, hehehe ide yang bagus Er. Tulisannya bagus kok Er. Makin banyakin nulis biar keasah tulisannya. Semangat Nulisnya ya :)

    BalasHapus
  5. Thx ya man, aku pikir km ga akan baca krn sibuknya kerjaan sbg seorang akuntan publik :)
    iya bener aku hrs makin sering nulis, dukung terus ya man dg sering baca, komen dan share blog ini ke temen2mu :)

    Ganbatte...!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

(GoVlog-Umum) BaBu Tua

Kejadian ini ga tau mau dinamakan kejadian apa, apakah kejadian apes, kejadian pelebur dosa, atokah kejadian penebus utang?? Pokoknya serem deh waktu ngalaminnya, tapi karena ini adalah blog konyol dan karena hidupku sudah terlalu suram tanpa ada kejadian ini, maka aku ambil hikmahnya aja bahwa kejadian ini ada lucunya juga lohhh! (fyuh… mau ketawa di atas penderitaan sendiri ah, kasihan gue kaya Prita Mulyani, apaan coba….)

Kejadian penuh rasa cinta, action, dan ketampanan pemerannya itu terjadi tidak lama dari penulisan cerita ini, tepatnya hari sabtu 30 Juli 2011 (lengkap ya bo…) kemarin. Dua hari sebelum puasa. Waktu itu di hari sabtu yang cerah ceria di hari libur itu, aku terbangun dari suatu tempat peristirahatan (istilahnya kaya kuburan bukan??? Peristirahatan terakhir = kuburan! Sial… merinding disko) yang sangat indah, dengan selimut tebal, hangat,dan halus. Kasur yang empuk nyaman tebal terbuat dari bulu angsa. Katanya sih gitu kasur ato bantal terbaik adalah yang terbuat d…

Kasihan Mah...

Ini cerita masih tentang ikan mas koki nih. Kejadiannya udah lama udah lupa kapan tapi kayanya waktu aku masih muda, waktu masih kuliah, waktu masih amit-amit (bagooss… tuh cicak ngetawain gue!). Ini cerita tentang sepupuku, anak dari tanteku, tanteku itu adek dari bapakku, nah bapakku adek dari siapa dong?? Mulai ngelantur… maklum ngetik pas lagi sahur merem melek antara makan, minum, ngetik, dan ntar kayanya bakal terjadi makan sahur pake laptop, ngetik di atas nasbung alias nasi bungkus, ngantuukk… abesss…

Sepupuku ini adalah 3 bersaudara berwujud makhluk kecil persis banget kaya ponakan Donal Bebek trio Kwak Kwik Kwek yang nakal abis, iseng, suka berantem sendiri, usil, ntar kalo udah puas berantem nangis deh bareng-bareng mereka bertiga sambil teriak-teriak dan itu semua barang-barang di sekitar mereka tiba-tiba jadi piring terbang dan aku duduk dengan manis sambil foto-fotoin itu piring terbang siapa tau bisa ku-upload di internet dan bisa dapat nobel tentang UFO (ada ga sih Nob…

Engkaulah Wanita (mulutnya dua ya??)

Ini adalah kisah keajaibanku soal  wanita, cewek, perempuan, atau kaum hawa, or whatever  you named it. Ini juga sekaligus kisah kekaguman dan rasa kagumku pada kalian kaum wanita, kaum hawa (kaum pelanggar dosa (karena termakan bujukan setan) pertama kalinya di surga karena telah merayu Adam untuk memakan buah khuldi di surga dan akhirnya mengusir Adam dan Hawa dari surga ke dunia fana ini, halah… maaf ya cewek-cewek ini bukan menyudutkan kalian ya, tapi emang bener kan faktanya tentang kisah Adam dan Hawa) hehehe….
Kata orang wanita adalah manusia yang memiliki dua mulut. Iya katanya sih gitu mereka memiliki dua mulut. Entahlah dari mana pernyataan ini berasal dan kalo emang bener mereka punya dua mulut, lalu di mana mulut yang satunya lagi?? Hihihi….
Setelah aku tanya sana-sini, tentang kenapa cewek disebut punya dua mulut adalah karena dilihat dari kadar kecepatan dan banyaknya cerita atau kata yang dapat dikeluarkan oleh cewek saat mereka berbicara atau ngobrol atau apalagi pas lag…